Senin, 13 Desember 2010

tugas EBN


PROBLEM (MASALAH)
ASMA

INTERVATION ( MENGATASI MASALAH TINDAKAN)
Untuk mengatasi serangan asma adalah dengan menggunakan obat pelega (bronchodilator) dengan cara dihirup. Cara lainnya adalah dengan melakukan terapi yang akan mengajarkan bagaimana caranya rileks dan mengatur napas apabila terjadi serangan asma. Bila penyakit asma sudah berat, dapat menggunakan obat pelega setiap hari sampai serangan asma dapat dikontrol. Maka, dianjurkan bagi penderitanya untuk selalu membawa obat pelega ke manapun dia pergi agar dapat segera digunakan apabila terjadi serangan.
COMPARATION TERAPI ( PERBANDINGAN )
Penanganan dan pemberian obat-obatan kepada penderita asma adalah sebagai tindakan mengatasi serangan yang timbul yang mana disesuaikan dengan tingkat keparahan dari tanda dan gejala itu sendiri. Prinsip dasar penanganan serangan asma adalah dengan pemberian obat-obatan baik suntikan (Hydrocortisone), syrup ventolin (Salbutamol) atau nebulizer (gas salbutamol) untuk membantu melonggarkan saluran pernafasan.
OUT CAME ( HASIL)
Para peneliti di Universitas Maryland School of Medicine di Baltimore telah menemukan bahwa reseptor rasa tidak hanya terletak di mulut tetapi juga di paru-paru manusia. Apa yang mereka pelajari tentang peran reseptor ini bisa merevolusi perawatan asma dan penyakit paru-paru obstruktif lainnya.
“Deteksi fungsi reseptor rasa pada otot polos bronkus di paru-paru sangat tidak terduga, di mana kami sendiri pada awalnya cukup skeptis,” kata penulis senior studi, Stephen B. Liggett, MD, profesor kedokteran dan fisiologi di Universitas Maryland School of Medicine dan direktur Cardiopulmonary Genomics Program.
Dr Liggett, pulmonologist, mengatakan bahwa timnya menemukan reseptor rasa secara tidak sengaja, selama studi yang tidak terkait dengan reseptor otot paru-paru manusia yang mengatur kontraksi dan relaksasi saluran napas. Saluran nafas adalah jalur pergerakan udara masuk dan keluar dari paru-paru, salah satu dari beberapa langkah penting dalam proses penyampaian oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. Pada asma, saluran nafas otot halus mengalami kontraksi atau mengencang, menghambat aliran udara, menyebabkan sesak napas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar